Sabtu, 15 Februari 2020

Inilah Rekomendasi Tas Ransel untuk Naik Gunung




Bagi para pendaki gunung pasti sudah tidak asing lagi dengan tas ransel atau tas carrier, baik yang berukuran besar maupun kecil. Selain digunakan untuk membawa barang pribadi, tas ransel berfungsi untuk membawa logistik pendakian. Untuk jenis-jenis tas ransel pun sangatlah beragam. Keragaman tas ransel pria pun perlu Anda sesuaikan dengan lamanya perjalanan Anda selama mendaki.

Rekomendasi Tas Ransel

Dalam memilih tas ransel, pertimbangan yang perlu Anda perhatikan ialah kapasitas yang cocok dengan tubuh Anda. Apabila tubuh Anda kecil, maka pilih tas ransel yang kecil juga, namun bisa memasukkan berbagai macam barang, begitupun sebaliknya. Upayakan tidak memaksakan kehendak dengan memakai tas ransel yang besar, padahal tubuh Anda tidak mampu menopangnya. Ada poin-poin yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih tas ransel yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Pilih Tas Ransel sesuai Lamanya Pendakian

Berbicara mengenai kapasitas memang sangat bervariasi, ada yang 35 liter – 100 liter. Untuk itu penting sekali menyesuaikan kapasitas tas ransel dengan lamanya perjalanan. Untuk tas ransel berkapasitas 35-50 liter dapat menemani perjalanan Anda selama dua hari.

Di dalam tas itu Anda bisa menyimpan pakaian, makanan, dan air minum yang cukup untuk dua hari. Kemudian tas dengan kapasitas 50-80 liter dapat Anda gunakan dalam perjalanan selama lima hari. Sedangkan tas ransel dengan kapasitas 100 liter bisa membawa logistik yang cukup banyak, sehingga Anda bisa bertahan di pendakian dalam waktu yang lama.

2. Sesuaikan Tas Ransel dengan Jenis Kelamin

Tas ransel dapat dibedakan berdasarkan gender dan jenis kelamin, karena kekuatan fisik antara perempuan dan laki-laki berbeda. Untuk perempuan sebaiknya menggunakan tas ransel khusus untuk yang telah disesuaikan dengan postur tubuh. Untuk gambaran, tas ransel dengan ukuran XS dapat digunakan untuk ukuran punggung 41 cm. Ukuran lainnya S untuk 41-46 cm, M untuk 46-51 cm, dan L di atas 50 cm.


3. Cek Ulang Bagian Chest Belt dan Hip Belt untuk Memastikan Kestabilan 

 
Apabila ukuran tas semakin besar, itu artinya bobotnya pun akan bertambah berat. Oleh karena itu, guna menjaga kestabilan, Anda disarankan memilih ransel yang memiliki chest belt dan hip belt.

Pada umumnya, tas ransel dilengkapi dengan hip belt, akan tetapi Anda harus memeriksa ukurannya terlebih dahulu. Memeriksa ukuran itu agar saat dikenakan terasa pas pada tubuh Anda. Ada juga tas ransel pria yang dilengkapi chest belt, tapi tidak semuanya. Nah, agar pemakaian tas ransel stabil, maka pilih tas yang dilengkapi keduanya.

4. Pastikan Tali Bahu Pas

Saat Anda membeli tas ransel harus dicoba terlebih dahulu agar nyaman pada bagian bahunya. Tas ransel dengan tali bahu yang tidak pas akan membuat jarak antara punggung dengan tas ransel tidak stabil saat membawa barang. Ketika mencobanya Anda harus mengencangkan tali bahu dan memastikan jarak antara punggung dan tas stabil. Jika terdapat jarak, gaya gravitasi akan menekan Anda dan membuat beban tas semakin berat.

5. Pilih Tas Ransel yang Breathable

Bagian punggung Anda merupakan jarak yang paling dekat dengan tas dan sering bersentuhan juga. Selama perjalanan punggung Anda akan berkeringat dan akan terasa lengket. Maka dari itu Anda perlu memilih tas ransel yang breathable agar ada ruang untuk punggung Anda.

Demikianlah poin-poin yang perlu Anda pertimbangkan saat akan membeli sebuah tas ransel pria untuk aktivitas mendaki. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar