Senin, 13 Mei 2019

5 Tips Membersihkan Peralatan Masak Antilengket



Mengolah makanan untuk dibawa bepergian bisa dijadikan alternatif yang lebih mudah dan ramah lingkungan. Kamu jadi tidak perlu beli makanan dengan kemasan yang menambah sampah, khususnya sampah plastik. Memasak bahan makanan pun akan lebih mudah pakai peralatan antilengket.

Menyiapkan makanan bekal akan sangat membantu saat kamu hendak melakukan perjalanan ke luar kota. Kamu bisa menyiapkan semua akomodasi di Traveloka dan tiket pesawat promonya juga menawarkan harga terbaik. Setelah menyiapkan makanan, bersihkan peralatan masakmu dengan langkah-langkah berikut ini.

1. Hindari Penggunaan Alat Masak Berbahan Logam

 
Agar permukaan peralatan masakmu tidak tergores dan rusak, sebaiknya gunakan alat-alat masak yang permukaannya tidak tajam. Kalau kamu pakai cukil berbahan alumunium, ujung-ujung bagian cukilnya akan merusak permukaan panci atau wajan.

Oleh karena itu, sebaiknya pakai peralatan masak dengan bahan silikon, plastik, atau kayu halus. Lebih baik gunakan spatula kayu untuk mencampurkan bahan-bahan masakan agar tercampur merata. Memasak telur dadar yang praktis bisa kamu lakukan dengan lebih mudah dengan hasil yang cantik.

2. Hilangkan Bekas Lemak yang Menempel

Kalau sudah digunakan untuk mengolah bahan makanan yang berlemak, sebaiknya bekas nodanya dibersihkan terlebih dahulu. Campurkan cuka dengan sejumlah air panas, lalu tuangkan ke atas permukaan alat masak. Didihkan di atas api sampai minyak terangkat dari permukaan wajan atau panci antilengket. Jika nodanya sudah terangkat, biarkan dingin, lalu pakai kertas koran atau handuk untuk menyerap minyaknya.

3. Rendam Alat Masak dengan Air Hangat

Jika keran cuci piring kamu terdiri dari keran panas dan dingin, kamu bisa langsung menggunakan bak cuci piring dengan air hangat untuk merendam alat masak. Jika hanya ada keran air dingin di bak cuci piring, kamu bisa memisahkan air hangat di baskom atau ember besar untuk merendam alat-alat memasak. Air hangat terbukti bisa mengangkat kotoran dan lemak tanpa merusak lapisan antilengket di permukaan alat masak.

4. Gosok Menggunakan Busa Berbahan Lembut

Permukaan alat masak antilengket dilapisi dengan material khusus yang tidak boleh rusak. Jadi, kamu harus memastikan penggunaan alat masak ini tidak tergores oleh material yang kasar seperti kawat. Sebaiknya kamu menggunakan busa atau kain microfiber yang berserat halus agar permukaan alat masak tidak tergores.

5. Simpan dengan Cara Digantung, Jangan Ditumpuk

Goresan pada permukaan alat masak mungkin juga disebabkan karena ketidaksengajaan. Bisa saja permukaan alat masakmu malah tergores saat sedang disimpan. Nah, penting untuk menyimpan alat masak dengan aman. Sebaiknya alat-alat masak seperti wajan dan panci antilengket tidak disimpan bertumpukan. Penyimpanan dengan cara digantung bisa menjadi alternatif yang aman.

Nah, kalau sudah dirawat dengan baik, permukaan alat masakmu tidak akan rusak. Jadi, pengolahan bahan makanan juga tetap bisa dihasilkan dengan sempurna.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar